Curhat: Selera Membaca Part 1


.

Assalamu ‘alaikum wr.wb.

Moshi-moshi! Nggak kerasa udah tahun 2016 lagi ya. Dan blog saya masih begini-begini aja… malah tambah berantakan dengan sarang laba-laba dimana-mana huhu. Jujur, pingin banget rutin update blog ini. Mau ada yang baca atau nggak yang penting saya tetep post sesuatu. Tapi ternyata kehidupan dunia lebih menyita waktu, jadi hanya sedikit waktu untuk berselancar di dunia maya *elah
Post pertama di tahun 2016 ini saya mau curhat mengenai selera membaca saya yang akhir-akhir ini berubah-ubah. Pernah nggak pembaca mengalami hal ini? Atau saya aja? :/

Sebelumnya saya mau kasih tau
WARNING! Isi post ini hanya curhatan saya, mengandung opini, sarcasm dan frontal. Bagi yang terindikasi bakal tersinggung silahkan tinggalkan blog ini.

Oke, saya kira seiring berjalannya waktu dan bertambanya umur selera membaca ikut berkembang. Misalnya, jaman SMP si A suka baca buku romance mellow terus masuk SMA dia beralih ke romance chiklit. Iya nggak sih? :/ karena saya begitu…

Waktu saya SMP saya suka banget baca teenlit dan menghindari novel romance yang agak berat. Contohnya kaya buku terbitan GM metropopnya, elexmedia dan gagasmedia yang waktu itu saya anggap genre romancenya lebih berat dari teenlit karena tokohnya udah bukan abg lagi (ya namanya juga anak SMP dan cuma tau penertbit itu aja, maklum hehe). Tapi menjelang akan lulus dan masuk SMA saya mulai baca buku terbitan GM dan gagasmedia. Saya ingat buku gagas pertama yang saya baca adalah Rain Affair lalu keduanya Éclair lalu Let Go yang saya pinjam di perpustakaan sekolah sebelum lulus SMP. Bacanya pun membutuhkan waktu 2-3 hari.

Lalu saya dipinjami teman saya buku gagas lagi, judulnya Seandainya dan yang buat dagu saya melorot ke bawah saat baca pertama kali yaitu Hujan dan Teduh (yang pernah baca psti tau alasannya untuk seorang anak SMP yang masih awam. Tapi ceritanya memang keren!). Dilanjutkan saya baca karya Dee. Apa coba tebak? Saya baca Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh. Ini lebih bikin mata saya melotot, lebih-lebih dari Hujan dan Teduh yang baru saya ketahui sekarang kalau novel Dee yang itu bergenre science fiction wkwkwkwk. Saya butuh waktu 5 hari buat nyelesaiinnya dan butuh 3 kali baca ulang untuk beberapa halaman hehehe. Tapi buku itu memang keren! Sayangnya saya kapok bacanya (karena waktu itu masih SMP dan yaaa iykwim) jadi kelanjutan dari Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh nggak atau belum saya baca. Mungkin akan saya baca kalau selera membaca saya pindah ke sana hehehehe.

Saya masih suka baca teenlit tapi mulai jarang baca karena mulai beralih ke buku terbitan gagasmedia. Oiya, saya mau cerita aja nih, buat fyi saya nggak suka buku romance mellow kayak buku selebtwit dwitasari (yang menurut saya buku dia mellow banget). Saya nggak bilang karya dia jelek ya disini. Tidak ada karya yang nggak bagus walaupun seseorang itu buatnya nggak pake hati *eaaa. Karena saya nggak suka dan masih sampai sekarang, jadi saya hindari baca cerita penggalauan ala pujangga cinta /plak.

Nah, di SMA ini perjalanan selera membaca saya mulai berkembang. Saya masih suka baca teenlit. Tapi tetap, saya nggak suka cerita cinta yang termehek-mehek. Dan di SMA ini saya dapet pencerahan tentang pacaran (ini bakal panjang kalau dibahas) dan setelah tau saya jadi kurang begitu suka dengan cerita bertemakan pacaran. Saya lebih suka cerita tentang proses pdktnya (lah, sama aja kali) yang endingnya jadian (I hate to say tapi seenggaknya ada ending dan stop disitu. Nggak diceritain mereka pacarannya gimana) atau kalau bisa nikah aja deh /plak.

Saya juga jadi nggak suka cerita penggalauan yang nyeseknya terlalu over, cerita yang cheesynya kelewat cheesy dan berakhir bikin muak dan cerita yang tokohnya kelewat perfect. Contoh, ada cerita yang tokoh cowonya kayak yang ada di post line dengan judul postnya ‘cewe tuh suka cowo yang blablabla’. Ah… girls, kalau saya jadi cowo dan baca postingan itu saya bakal ngomong
‘emang hidup gue cuma buat nyenengin hati lo doang? Baru pacaran juga’ #jlebb.
Terus cewenya bales ‘oh gitu?! Jadi kamu nggak seneng liat aku seneng? Jadi perhatian yang kamu kasih ke aku artinya apa? Kamu PHP!’ jadi sinetron dah -_-
Sorry to say, cuma yaaa begitulah. Kalau ada cowo kayak gitu ya berarti dia cowo impian kamu bangetlah. Nggak memunafikkan, siapa sih yang nggak mau punya pasangan yang sempurna? Cuma saya realistis aja, nggak ada manusia yang sempurna. Kalau emang ada coba kasih tau saya. Soalnya yang saya tau, yang sempurna itu cuma Allah SWT :) *eaaa

Yap, dari curhatan saya diatas kesimpulannya adalah saya suka cerita yang realistis atau cerita yang di kehidupan kita memang ada. Makanya, saya juga kurang begitu suka cerita fantasy. Begitu pula dengan film fantasy. Selain nggak real, mau saya suka pun imajinasi saya nggak nyampe buat ngebayangin kaya gimana --“ sedih emang, disaat teman saya yang lain baca Maze Runner, Divergent, Harry Potter, saya cuma bisa dengerin doang huhuhu. Mau nonton filmnya pun saya pasti bakal bawel. ‘kok gitu sih? Jadi itu gimana? Alasan dia apa? Ngapain sih kaya gitu? Duhh terus yang jahat siapa? Nggak ngertiiii’ ya kayak gitulah kurang lebih. Sampe-sampe temen saya bilang ‘oke, jangan ajak April buat nonton fantasy’  jahat emang hiks but it’s ok, dengan dia nggak bunuh saya cuma nyengir aja wkwkwk.

Oiya, sehubung dengan pencerahan mengenai pacaran, saya jadi suka cerita yang bertemakan pernikahan. Tapi masih yang ringan ya, secara saya masih teenager. Alasannya? Mau si tokoh ngapain aja yang penting udah halal, jadi nggak apa-apa wkwkwkwk. Tapi lagiii, walaupun bertemakan pernikahan saya nggak suka cerita tentang yang isinya perselingkuhan. Ya ini buat yang cerita pernikahan atau yang pacaran juga sih. Pokonya nggak suka aja ._. banyak banget maunya ya? Kesel nggak sih pembaca sama saya? Saya aja kadang kesel dengan saya yang pemilih ini -_-

Ini ternyata panjang ya? Saya bagi 2 deh. Kalau ada yang merasa tersinggung, saya minta maaf. Saya cuma curhat disini, nggak bermaksud apa-apa karena belum tentu post ini ada yang baca hiks wkwk. Kalau ada yang sudi baca, saya sangat berterimakasih xixxi.  Sampai jumpa di post berikutnya! Ciao! :D
Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

Your Reply